Epidemiolog Desak Pemerintah Segera Tetapkan Kasus Gagal Ginjal Akut sebagai KLB

Sugeng rawuh Eucablight di Portal Ini!

Eucablight – Pemerintah Indonesia diminta segera mengidentifikasi mereka yang mengalami cedera ginjal serius yang menyerang anak-anak dan menyebabkan kematian karena sebab yang tidak biasa (KLB). Dicky Budiman, ahli epidemiologi di Griffith University Australia, mengatakan hal tersebut. Epidemiolog Desak Pemerintah Segera Tetapkan Kasus Gagal Ginjal Akut sebagai KLB

Menurutnya, pemerintah melewatkan hal tersebut. Pemerintah dapat segera menyelesaikan persoalan ini dengan mengadakan rapat khusus.

“Ini masalah kesehatan jiwa, kita sudah gagal, tapi bukan berarti kegagalan itu kita abaikan. Kalau KLB diberitahukan, pemerintah bisa cepat memperbaikinya, kalau tidak disadari bisa berakibat fatal,” ujarnya. .diskusi online “Rahasia Gagal Ginjal”, Sabtu (22/10/2022). Isra Miraj adalah Salah Satu Perjalanan Terpenting dalam Hidup Rasulullah SAW

Menurutnya, dibuatnya KLB justru akan memudahkan pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang diduga menimbulkan kecelakaan kimia berbahaya.

Selain itu, pemerintah juga diberi kesempatan untuk membentuk tim khusus yang dapat memperoleh informasi akurat mengenai penyebab utama penyakit ginjal, jika mengikuti sistem KLB.

“Pemerintah benar ada 14 rumah sakit yang berada di bawah BPJS, tapi daerahnya jauh dari rumah sakit sehingga ada masalah dan banyak orang meninggal. “Di sini KLB untuk membantu masyarakat lokal,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan kasus gagal ginjal akut memenuhi kriteria penetapan KLB sesuai Undang-Undang Menteri Kesehatan 1501 Tahun 2010 tentang KLB. Selain itu, dalam tiga puluh tahun terakhir tidak ada masalah gagal ginjal yang serius.

“Enam dari delapan poin (penetapan KLB) terpenuhi, 6 dari 8 poin terpenuhi. Pertama, penting bagi definisi WHO tentang sesuatu yang buruk, dan banyak peningkatannya. dan penyakit menular dalam hal waktu dan jumlah kematian,” katanya.

Selain dia, Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher juga menilai kondisi KLB cocok untuk mengetahui kondisi ginjal. Meski kasus ini bukan fenomena baru, namun tingginya angka kematian menjadi alasan utama penetapan KLB.

Menteri menyarankan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyebab penyakit ginjal, dan melibatkan masyarakat dalam cara mengobati penyakit ginjal dan mengurangi rasa sakit akibat penyakit tersebut.

“Saya juga mengusulkan untuk mempertimbangkan situasi KLB dengan membentuk organisasi independen untuk mencari kebenarannya. Meski menakutkan, tapi harus dicari dan dilaksanakan melalui penelitian di daerah, bukan hanya data sekunder,” ujarnya. .

Inisiatif penetapan standar KLB juga didukung oleh Ikatan Profesi Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra. Menurutnya, kasus penyakit ginjal ini ibarat wabah langsung yang akan menjadi wabah.

“Kasus ini sebenarnya sangat jarang terjadi dan kesalahan ini terjadi karena kelalaian dalam rantai farmasi, mulai dari manufaktur, produksi, hingga distribusi,” ujarnya. Epidemiolog Desak Pemerintah Segera Tetapkan Kasus Gagal Ginjal Akut sebagai KLB

Hermawan juga mengatakan, penyakit ginjal yang parah bisa disebabkan oleh penggunaannya, seperti penggunaan obat yang berlebihan atau interaksi antara tubuh manusia dengan obat. Ia juga menghimbau agar para orang tua berupaya semaksimal mungkin memberikan edukasi terkait penyakit-penyakit yang umum menyerang anak.

“Orang tua yang tidak mempunyai pendidikan formal memudahkan dalam mencari antibiotik, dan obat-obatan yang menumpuk sehingga berujung pada konsumsi makanan yang tidak sehat, kurangnya pemahaman dan kesadaran, terutama pada anak yang sudah menderita penyakit tertentu.” dia menjelaskan. [INTERMEDIAT]

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.