Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Bicara Soal Indonesia Emas 2045 dalam Debat Capres Kelima

Selamat datang Eucablight di Situs Kami!

Eucablight, Debat Calon Presiden (Capres) Kelima Jakarta membahas isu kesehatan dan inklusi. Perdebatan tersebut menarik perhatian para pakar kesehatan, salah satunya ahli epidemiologi Dickie Bodiman. Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Bicara Soal Indonesia Emas 2045 dalam Debat Capres Kelima

“Elemen tujuan pembangunan manusia Indonesia yang komprehensif mencakup tujuan Indonesia Emas 2045. Dari ketiga kandidat dan tim kampanye capres, sayangnya hanya Pak Prabowo yang secara spesifik menyatakan hal tersebut. Namun bukan berarti Pak Prabowo yang terbaik, ”ujarnya. Dickey kepada Health Eucablight melalui voicemail, Minggu (2/4/2024).

Meski hanya Prabo Subianto yang secara spesifik menyebutkannya, namun tema visi dan misi dua calon presiden lainnya mengarahkan atau mendukung Indonesia emas.

“Harus jelas Indonesia emas akan tercapai atau kita akan terus berjuang bersama.” Babi Hasil Rekayasa Genetika Lahir, Jepang Siapkan Buat Transplantasi Organ ke Manusia

Menurut Dikeshi, Indonesia sangat penting membicarakan emas karena harus memiliki tujuan jangka panjang untuk mencapai visi dan misi.

“Setiap pemimpin di era apapun meletakkan dasar bangsa ini selama lima tahun menuju Indonesia Emas yang diimpikannya. Dan kesehatan merupakan salah satu unsur pondasi untuk mencapai Indonesia Emas,” jelasnya.

DK juga menyinggung satu per satu visi dan misi calon presiden yang disebutkan dalam debat terakhir.

Dalam debat kali ini, calon presiden nomor urut 02 berbicara mengenai pembangunan rumah sakit dan departemen kesehatan.

Artinya, mengikuti kebutuhan dan menjawab tantangan bukanlah solusi yang efektif. Pembangunan rumah sakit sudah dilakukan, namun ternyata belum tuntas karena masih banyak kendala termasuk masalah kapasitas sumber daya manusia.”

Dikeshi mengatakan, bukan hanya kuantitas, tapi kualitas yang menjadi permasalahan saat ini.

Sementara itu, calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranuo berbicara tentang Indonesia sipil dan pencegahan penyakit dari tingkat desa.

“Ini menjadi persoalan vital sebagai sebuah bangsa karena kita ingin mewujudkannya agar masyarakat Indonesia tidak hanya sehat tetapi juga beradab.”

Dari sisi kesehatan, Ganjar dinilai lebih mengedepankan aspek preventif. Dikeshi mengatakan bahwa Pravo telah mengalami banyak kemajuan selama ini.

“Dengan adanya program pencegahan dan peningkatan akses kesehatan di tingkat desa, saya kira ini sangat penting karena desa adalah basis kesehatan nasional. Jadi di tingkat desa, kalau tidak kita perkuat, bagaimana kita bisa meningkatkan kesehatan di tingkat desa. level nasional.” Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Bicara Soal Indonesia Emas 2045 dalam Debat Capres Kelima

Sementara itu, calon presiden pertama, Enis dari Swedia, berbicara tentang ketimpangan layanan kesehatan.

“Ini persoalan terbesar yang ada di dunia kesehatan. Meski (pengobatan) sudah dilakukan, menurut saya disparitas ini masih lebih terlihat,” kata DK.

Menurut DK, beberapa ketimpangan dunia kesehatan yang masih terlihat di Indonesia: konsentrasi dokter di perkotaan, pembangunan rumah sakit yang lebih modern masih terjadi di perkotaan.

“Saya kira Pak Ennis harus menjelaskan lebih detail bagaimana kita bisa mengupayakan tingkat kesehatan yang mengutamakan faktor preventif, serta faktor kuratif yang lebih penting lagi.”

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.